Kado Untuk Labosude

Awan-gemawan hitam berarak di batas cakrawala, mengisyaratkan sebentar lagi akan turun hujan. Sementara pemuda-pemuda yang berasal dari berbagai komunitas seperti Medan Heritage, Parafrasa, Inspirator Chapter Medan, KOPHI Sumut, Forum Lingkar Pena (FLP) Sumut, dan lain-lain, menaruh curiga kalau-kalau Piknik Heritage edisi ketujuh (03/01) akan dilaksanakan berselimut gigil dan keceriaan luntur bersama rerintikan hujan. Namun dalam hatinya, masih ada harapan berkembang serupa bibit yang sudah dinanti-nantikan buahnya.

Kado Untuk Labosude

Kado Untuk Labosude

“Hari ini kita ulang tahun,” kata Bang Icap kepada anak-anak Laskar Bocah Sungai Deli (Labosude) yang sudah duduk rapi di bawah rumah panggung. Mereka berteriak kegirangan.

“Aku mau hadiah!” Dari balik punggung anak lelaki bertubuh tinggi, seorang anak berkata demikian. Lain halnya bocah berusia sekitar tiga tahun yang berambut keriting itu. Dia diam saja. Sebab dia tidak mengerti apa yang sedang dibicarakan.

Ya. Mereka menyebut diri mereka sebagai Laskar Bocah Sungai Deli (Labosude), sebuah wadah bagi bocah-bocah di Kampung Aur Medan untuk belajar dan berkreativitas. Labosude diresmikan pada tanggal 1 Januari 2012 dan kini Piknik Heritage VII mempersembahkan Kado Untuk Labosude sebagai bentuk perayaan ulang tahunnya yang keempat.

Sesi Potong Kue

Sesi Potong Kue

“Alhamdulillah, sudah terkumpul kurang lebih delapan lusin buku tulis. Syukurlah cukup,” kata salah satu anggota Parafrasa. Sejak dua hari sebelum acara dilaksanakan, dia mengawatirkan buku tulis yang akan disumbangkan untuk anak-anak saja. Takut tidak cukup, katanya.

“Sebentar lagi hujan kayaknya. Cemana nih?” Seorang perempuan dari Medan Heritage merasa cemas. Sementara yang lainnya berpura-pura tidak cemas.

“Berdoa saja agar tidak hujan. Semoga acara kita lancar,” bisik temannya.

Niat baik senantiasa akan menyertai orang-orang dalam menuju kebaikan. Saat itu langit mulai tampak benderang dan menyirami kami dengan cahaya kuning keemas-emasan. Acara dimulai dari kata sambutan oleh Bang Icap, dongeng oleh Suryana (Sastra Indonesia USU), permainan-permainan oleh Muammar BM (KOPHI Sumut), materi semangat membaca dan menulis oleh Fitri AB (FLP Sumut), hingga pemotongan tumpeng dan pembagian hadiah.

Kata Sambutan dari Bang Icap

Kata Sambutan dari Bang Icap

Diskusi Bareng Kak Fitri AB

Diskusi Bareng Kak Fitri AB

Dongeng Bareng Kak Suryana

Dongeng Bareng Kak Suryana

Kegiatan Piknik Heritage, Kado Untuk Labosude ini merupakan rangkaian ketiga dari kegiatan sebelumnya. Dimana para partisipan Piknik Heritage diajak mulai dari mengenal (Piknikan November Aksi Sungai Deli), kemudian mempelajari (Piknikan Bareng Sahabat Sungai Deli), dan di kegiatan ketiga ini telah berhasil mengintervensi dengan berbagi buku sebagai kado. Selain itu, para sahabat Komunitas Parafrasa juga berbagi nilai-nilai kebaikan melalui cerita dongeng. Yang mana diharapkan dapat meretas permasalahan minimnya karakter positif pada kepribadian bocah-bocah Sungai Deli.

Bermain Bersama Bocah Sungai Deli

Bermain Bersama Bocah Sungai Deli

Demikianlah artikel Kado Untuk Labosude ini kami sajikan. Semoga kenangan ini melekat di benak para bocah Sungai Deli. Selamat ulang tahun, Labosude! Salam Literasi! Save Our Heritage!

 

Kontributor : Febrina R. Pasaribu

Post Tags
About Author: Medan Heritage
Penggerak Kegiatan Pelestarian Berbagai Heritage Yang Ada di Kota Medan | Medan Heritage Tour | Save Our Medan Heritage

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *