Launching Medan Heritage Tour

Launching Medan Heritage Tour

31 Agustus 2013 adalah titik awal pergerakan para anak muda melakukan aksi pelestarian heritage melalui pergelaran seni dan budaya. Pelataran Kantor Pos Medan dipilih sebagai bentuk simbolis dari awal pergerakan menuju perubahan yang berarti, sebab Kantor Pos merupakan titik nol Kota Medan. Sekumpulan anak muda ini beraksi melalui pergerakan-pergerakan sederhana menyatukan kekuatan, berkolaborasi menciptakan kreasi dalam satu bentuk kegiatan, yaitu Medan Heritage Tour.

Launching Medan Heritage Tour dilakukan sebagai bentuk kegiatan yang dilakukakn untuk mewadahi para komunitas saling berkegiatan dan berkolaborasi ide, dengan satu misi yaitu pelestarian heritage.

Launching Medan Heritage

Pada Launching Medan Heritage Tour ini, para komunitas menampilkan beragam kegiatan, diantaranya:
• Screening Short Movie : Cerita Medan Tempo Doeloe
• Parade Komunitas Vespa dan Onthel
• Pameran Foto dan Sketsa oleh Lindi Gallery
• Medan Community Gathering
• Pertunjukkan Musik Etnik Digital
• Live Accoustic Music and Beat Boxer Performing
• Tari Tradisional dan Kontemporer
• Lomba Fotografi
• Pesta Kembang Api

Adapun Launching Medan Heritage Tour diresmikan oleh Plt Walikota Medan, Bapak Drs. H. T. Dzulmi Eldin S.Msi. dan disaksikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Medan, serta Pimpinan Kantor Pos Medan. Menandakan bahwa Medan Heritage Tour adalah wadah resmi hasil karya para anak muda Kota Medan.

Medan Heritage Tour Diresmikan Plt Walikota Medan Dzulmi Eldin

Medan Heritage Tour Diresmikan Plt Walikota Medan Dzulmi Eldin

Selain itu, pembukaan acara ini ditandai dengan pelepasan konvoi vespa dan sepeda onthel, serta iringan drum band. Sedangkan tarian sambutan yang ditampilkan saat iringan Plt Walikota Medan hadir, yaitu tarian Bali oleh Komunitas Bali.

Komunitas Medan

Komunitas Medan

Acara ini diramaikan beratus anak muda Kota Medan. Tidak hanya para remaja, bahkan dari segi usia, anak-anak hingga orang tua pun turut meramaikan acara ini. Ini pertanda, isu heritage adalah isu yang menjadi perhatian banyak orang di Kota Medan.

Adapun venue dari acara ini terbagi atas dua lokasi, yaitu pelataran parkir dan ruang oval Kantor Pos. Lokasi pelataran parkir berisikan stage inti dari acara ini, beberapa bazaar kuliner dan sponsor, serta hall of frame untuk tempat para pengunjung berfoto narsis. Sedangkan lokasi pada ruang oval berisikan pameran foto dan lukisan, serta beberapa display vespa, onthel, dan buku.

Komunitas Medan

Komunitas Medan

Pameran foto yang ditampilkan merupakan hasil foto dari lomba twitpic yang diadakan para panitia dan bertujuan untuk donasi. Para pemenang didapat dengan cara jumlah koin atau duit yang terkumpul paling banyak pada setiap kota donasi dari foto tersebut. Adapun pengumpulan donasi ini bertujuan untuk restorasi pada satu bangunan tua yang nantinya akan dilakukan (jangka panjang).

Kegiatan ini ditutup dengan tarian “Goyang Chaesar”, dan tarian ini merupakan salah satu rundown yang dirahasiakan oleh pihak panitia. Sontak goyangan ini menghebohkan seluruh pengunjung pada malam itu, dan ini menghangatkan penutupan dari Launching Medan Heritage Tour.

8 comment(s) on “Launching Medan Heritage Tour

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *