Piknikan SELPHI?

Mungkin banyak diantara kamu yang bertanya “Apa sih Piknikan SELPHI?”. Eits, ini bukan SELPHI sembarang selfie. Sudah pasti ini bukan selfie dalam makna sebenarnya. SELPHI yang ini merupakan singkatan dari September Edukasi Lingkungan Pemuda Hijau Indonesia.

Kegiatan ini diorganisir oleh Komunitas Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) regional Sumatera Utara. SELPHI merupakan kegiatan Piknik Heritage ketiga, setelah KolaborAKSI Merah Putih. Konten piknik yang dikemas oleh sahabat kami KOPHI sangat unik dan bervariatif.

Piknik Heritage SELPHI

Kegiatan yang dilaksanakan pada 19 September 2015 di Taman Hutan Beringin ini terdiri dari aksi menanam 10 bibit pohon cabe, diskusi heritage, gathering community, dan santap bareng bekal yang dibawa masing-masing peserta piknik.

Kegiatan yang berlangsung tepat jam empat sore ini, diramaikan oleh kurang lebih 6 komunitas Kota Medan, diantaranya KOPHI Sumut, Medan Heritage, Centra Mitra Remaja, Turun Tangan Medan, Save Our Rivers Community, dan Medan Berkebun Medan.

Kegiatan SELPHI dibuka dengan diskusi tentang lingkungan, baik itu peranan anak muda dalam pelestarian lingkungan, hingga apa saja bentuk perilaku menjaga dan melestarikan lingkungan. Diskusi pada sore itu dipandu oleh M. Anugerah, yang merupakan Ketua dari KOPHI Sumut.

Piknikan SELPHI : Diskusi Lingkungan & Heritage

Piknikan SELPHI : Diskusi Lingkungan & Heritage

 

Selesai berdiskusi kemudian kegiatan berlanjut kepada aksi mengutip sampah di areal Taman Hutan Beringin, sekaligus mengedukasi para pengunjung untuk turut peduli dan mengingatkan pengunjung lainnya untuk membuang sampah pada tempatnya. Dengan tujuan agar kelestarian taman terjaga dan membuat para pengunjungnya nyaman bermain di areal taman.

Piknikan SELPHI : Aksi Mengutip Sampah

Piknikan SELPHI : Aksi Mengutip Sampah

Piknik Heritage SELPHI

Aksi mengutip sampah kurang lebih berlangsung sekitar 20 menit. Tampak muka letih mulai menghiasi paras para peserta piknik di sore itu. Kemudian kegiatan dilanjutkan ke aksi menanam 10 bibit pohon cabe.

Piknikan SELPHI : Aksi Tanam Bibit Pohon

Piknikan SELPHI : Aksi Tanam Bibit Pohon

Meskipun letih sehabis mengutip sampah, tapi para peserta tetap antusias melanjutkan acara menanam pohon. Ini tampak dari gelak tawa yang lepas dari guyonan-guyonan mereka di sore itu. Antar komunitas yang hadir saling membaur. Mereka tidak lagi canggung dan kaku satu dan lainnya. Ya, program Piknik Heritage telah berhasil menyatukan sahabat komunitas Kota Medan untuk bergerak bersama peduli heritage dan lingkungan hijau Kota Medan. Di samping itu, program ini juga berhasil menjadi sarana hiburan akhir pekan bagi para anak muda Medan.

Piknik Heritage SELPHI

“Oke sepertinya udah pada letih ini. kita break  dulu ya. Kita lanjut ke sesi diskusi heritage yuk?” ajak Nugrah sambil berjalan ke arah podium taman. Di podium taman kami duduk berkelilingan. Ada yang masih sibuk dengan ceritanya. Ada juga yang fokus memandang gadget-nya. Ada pula yang asyik menyeka keringat ataupun menenggak air minum dari tumbler-nya.

Diskusi kami pada sore itu dipandu oleh Kak Nasution Rizky. Sahabat kami ini memaparkan tentang sejarah Taman Hutan Beringin tersebut. Mulai dari tahun berdirinya, jenis tanamannya, fungsinya, hingga hal-hal apa saja yang bertambah di taman tersebut. Selain itu, Kak Nasution Rizky juga memaparkan apa manfaat melestarikan heritage kota.

Wah, makin bulan makin seru nih kegiatan Piknik Heritage. Yuk, sahabat ajak lebih banyak lagi teman kamu untuk terlibat di kegiatan ini. Karena kegiatan ini akan rutin setiap satu bulan sekali lho! Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, tak kan lagi!

Piknik Heritage SELPHI

Demikianlah artikel Piknikan SELPHI? ini kami sajikan. Semoga dapat memberi inspirasi dan informasi baru bagi para pembacanya. Save Our Heritage!

About Author: Medan Heritage
Penggerak Kegiatan Pelestarian Berbagai Heritage Yang Ada di Kota Medan | Medan Heritage Tour | Save Our Medan Heritage

1 comment(s) on “Piknikan SELPHI?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *